Postingan Populer

20Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Beralih dari Android ke iPhone

20Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Beralih dari Android ke iPhone

11 Alasan Lebih Baik Pilih iOS dan Beli iPhone Daripada Android 
 
 
 

Memilih iPhone sebagai gawai utama sudah menjadi gengsi tersendiri bagi banyak orang. Dengan banderol harga yang selalu lebih tinggi dari kebanyakan ponsel pada umumnya, Apple berhasil membuat iPhone terkesan jadi ponsel terbaik dan yang paling sempurna.
Tak sedikit orang yang memutuskan untuk beralih menggunakan iPhone hanya karena produk tersebut merupakan ‘produk yang terbaik’, tanpa mempertimbangkan hal-hal penting terlebih dahulu. Jika kamu pengguna Android yang sedang berpikiran untuk hijrah ke iPhone, ada baiknya kamu menahan diri dan memikirkan hal-hal berikut ini terlebih dahulu. Berikut ini Jaka kasih tahu 12 alasan mengapa kamu gak perlu beralih dari Android ke iPhone. Simak yuk!


Ada yang bilang lebih baik beli iPhone daripada Smartphone Android, ada juga yang bilang lebih baik beli smartphone Android daripada iPhone. sebenarnya terserah kamu mau beli yang mana. Sangat wajar jika kamu mendapatkan beragam perbedaan pendapat tersebut.
Nah karena kamu berada di portal MacPoin, kita akan berikan informasi mengapa kamu harus beli iPhone dibandingkan dengan Android smartphone. Setidaknya ini bisa membantu kamu yang masih ragu untuk beli iPhone atau perangkat iOS lainnya. Oke langsung saja ini dia 11 alasan lebih baik beli iPhone daripada smartphone Android.


 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Beralih dari Android ke iPhone

 

 

Update iOS Lebih Baik Dari Android

Siapa sih yang nggak mau move on? Selain move on dari mantan, kamu juga harus segera move on untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu cara termudah dan termurah untuk terus mengikuti perkembangan teknologi adalah dengan download dan install update software terbaru. Biayanya juga gratis.
11 Alasan Lebih Baik Pilih iOS dan Beli iPhone Daripada Android
Tetapi tidak semua orang bisa menikmati software update. Contoh paling mudah adalah ya sistem operasi Android ini. Meskipun memang sebuah sistem operasi yang open source, namun nyatanya pengguna tidak bisa mendapatkan kemudahan dalam hal update Android. Kebijakan yang diambil setiap vendor jelas berbeda-beda.
Coba bandingkan dengan iOS. Meskipun close source alias bukan open source, tetapi para penggunanya bisa selalu mendapatkan update iOS secara rutin. iPhone 5 yang sudah 4 tahun usianya saja masih dapat iOS 10 terbaru. Jadi bagi pengguna, tidak penting apakah suatu OS itu open source atau tidak selama penggunaan OS tersebut selalu diperbarui dan agar tidak ketinggalan jaman.

 

 

Aplikasi Eksklusif Apple

Siapa di sini yang merupakan pengguna berat iMessage, iCloud, FaceTime, dan beragam aplikasi eksklusif Apple lainnya? Hanya pengguna iOS lho yang punya akses ke beragam aplikasi eksklusif Apple seperti itu. Pengguna Android tentu saja tidak punya akses ke aplikasi – aplikasi eksklusif Apple tersebut.
Bagaimana dengan Android? Apakah punya aplikasi eksklusif? Secara umum sih Android tidak punya banyak fitur eksklusif. Kebanyakan fitur eksklusif Android adalah fitur khas vendor tertentu yang tentu saja tidak bisa digunakan di smartphone lain bahkan di sesama Android sekalipun.

Aplikasi Eksklusif App Store

Selain aplikasi Apple, ada juga ini aplikasi eksklusif yang hanya ada di App Store. Artinya, aplikasi tersebut hanya bisa di-download jika kamu menggunakan iOS. Ada banyak sekali lho aplikasi eksklusif iOS yang pasti tidak akan kamu temui di Android. Bukan cuma di Play Store saja, tetapi di semua toko aplikasi Android yang di luar Google juga tidak menyediakan aplikasi eksklusif.
11 Alasan Lebih Baik Pilih iOS dan Beli iPhone Daripada Android
Sebut saja game Infinity Blade. Game ini sudah merilis seri trilogi Infinity Blade dari seri I hingga seri III. Lucunya adalah, semua seri tersebut tidak ada yang dirilis ke Android Platform. Tentu saja ini menjadi suatu keuntungan bagi ekosistem iOS dan juga App Store.
Namun demikian banyak juga kok aplikasi eksklusif App Store yang lama kelamaan luluh dan akhirnya merilis aplikasi untuk Android Platform. Contohnya saja adalah Instagram. Perlu waktu beberapa tahun bagi Instagram untuk merilis aplikasi mereka ke Android Platform.

Kinerja iPhone iOS Lebih Bagus dari Android

Jujur saja, seberapa besar kamu aware dengan prosesor, memori RAM, hingga kemampuan grafis ketika memutuskan untuk membeli sebuah smartphone?
Buat kamu pengguna iPhone, kamu tidak akan perlu berpikir sampai segitunya. Mengapa? Karena kemampuan kinerja iPhone sudah bisa dipastikan bagus. Kamu tidak perlu lagi berpikir keras tentang spesifikasi.
Berbeda dengan smartphone Android yang setiap vendor selalu memiliki standar hardware yang berbeda-beda. Spesifikasi juga jelas berbeda-beda. Jangankan hardware, sistem operasi Android setiap vendor saja juga berbeda-beda.
Terlalu banyak standar hardware dan spesifikasi tentunya juga sangat berdampak pada kinerja yang berbeda-beda. Bisa saja suatu smartphone dengan spesifiaksi lebih tinggi malah memiliki kinerja yang tidak lebih baik dari smartphone yang spesifikasinya lebih rendah.

Desain iPhone Lebih Keren

Siapa bilang kalau desain iPhone itu hanya itu-itu saja jika dibandingkan desain smartphone Android. Yang bilang bahwa desain iPhone hanya itu-itu saja, berarti kamu benar 😀 . Memang desain iPhone sangat sederhana dan hampir tidak ada perubahan yang berarti di setiap seri terbaru. Namun dengan desain yang terbilang sangat mirip, menjadikan iPhone mudah dikenali karena desain iPhone yang sangat sederhana namun tetap indah.
11 Alasan Lebih Baik Pilih iOS dan Beli iPhone Daripada Android
Desain depan iPhone hanya menyajikan tampilan yang sangat “standar”. Hanya layar, satu tombol Home, sensor, kamera depan, dan lubang suara untuk percakapan telepon. Sedangkan bagian belakang hanya ada kamera, flash, dan logo Apple. Samping kanan dan kiri juga hanya tersedia beberapa tombol saja. Tidak heran jika case suatu iPhone bisa dipakai di iPhone lain. Misalnya case iPhone 5 dan 5S saling kompatibel.
Berbeda sekali dengan desain smartphone Android yang berbeda-beda sesuai dengan selera sang pembuat. Desain smartphone Android juga terbilang jauh lebih rame dan meriah, beda banget dengan desain iPhone yang itu-itu saja dan bisa dibilang tidak punya perkembangan berarti.
Tentu saja desain yang sederhana tersebut jelas mengandung nilai tersendiri. Jika desain iPhone yang sederhana itu sangat membosankan dan jelek, mengapa juga banyak produsen yang meniru desain iPhone. Kita bisa lihat produk terbaru Google yaitu Google Pixel yang di beberapa bagian desainnya sangat mirip dengan iPhone.

Seragam, Sederhana, dan Mudah Digunakan

iPhone bisa dikatakan sudah memiliki standar tersendiri. Itu artinya, iPhone yang satu dengan yang lain tidak akan benar-benar berbeda jauh. Mulai dari sistem operasi iOS hingga desain iPhone.
Untuk kamu yang misalnya ingin ganti dari iPhone 4S ke iPhone 6 Plus, kamu tidak perlu banyak belajar untuk menggunakan iPhone lagi karena sistem operasi di semua iPhone adalah sama. Begitu juga dengan desain iPhone yang tidak berbeda jauh.
Berbeda dengan smartphone Android yang punya bentuk dan tampilan berbeda-beda. Sistem operasi Android dari satu vendor ke vendor lain tidak sama dalam hal User Interface dan juga User Experience. Belum tentu kamu yang sudah mahir dengan Android dari smartphone merek Samsung bisa langsung klop dengan Android dari smartphone merek Xiaomi.

Dukungan Apple Lebih Baik 

Buat kamu yang belum pernah lihat situs web Apple Indonesia, mending coba buka sekarang deh. Coba bandingkan dengan situs web dari beragam vendor smartphone Android. Begitu lengkapnya situs web Apple yang memang didedikasikan untuk pengguna dan calon pengguna produk Apple. mulai dari informasi produk, tempat produk dijual, panduan, hingga troubleshooting semuanya lengkap banget.
11 Alasan Lebih Baik Pilih iOS dan Beli iPhone Daripada Android
Sangat jarang ada smartphone Android yang mau membuat situs web selengkap ini. Bahkan kebanyakan situs web vendor Android hanya didedikasikan untuk penjualan saja. Untuk informasi dan dukungan lain, terasa masih kurang. Jika halaman dukungan web sangat lengkap jelas saja akan semakin menarik calon pembeli lebih banyak.
Sebagai tambahan, untuk Apple yang ada di beberapa negara maju juga sudah memberikan dukungan untuk bertemu langsung dengan perwakilan Apple. Mereka adalah Genius Bar, orang-orang yang memang dilatih langsung oleh Apple untuk memberikan dukungan pelayanan secara maksimal.
Kamu tinggal membuat janji temu (appointment) dan datang ke Apple Store. Di Indonesia sendiri meskipun tidak ada Genius Bar, namun beberapa Apple Premium Reseller menyediakan jasa dukungan yang tidak kalah dengan Genius Bar.

Dukungan Komunitas iPhone vs Android

Komunitas iPhone adalah salah satu yang sangat aktif di dunia. Mulai dari komunitas biasa untuk berbagi informasi, komunitas edukasi, komunitas programming, komunitas fotografi, dan komunitas yang lain.
Mereka sering mengadakan event dan kompetisi sesuai dengan komunitas tersebut. Komunitas-komunitas itu juga tidak hanya berskala lokal atau nasional, tapi banyak yang internasional. Kalau di Indonesia mungkin yang paling terkenal ya komunitas fotografi iPhone.
Sedangkan komunitas Android sih sangat jarang sekali yang bisa mencakup semua jenis Android dari berbagai jenis smartphone. Biasanya beberapa komunitas hanya untuk pengguna tertentu saja. Misalnya komunitas Oppo atau komunitas Xiaomi.

Gengsi iPhone vs Android

Hehehe kalau yang ini sih tidak perlu diperbincangkan lebih banyak lagi. Pengguna iPhone memang didominasi oleh kalangan kelas atas dan kaum-kaum tertentu saja. berbeda dengan Android yang bisa dimiliki semua kalangan. Tentu saja ini bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan gengsi di masyarakat.
11 Alasan Lebih Baik Pilih iOS dan Beli iPhone Daripada Android
Siapa bilang harus beli iPhone yang mahal dan terbaru. Cukup beli iPhone yang masih layak dan status kamu sudah naik hehehe. IPhone terbaik dan murah saat ini adalah iPhone 5S. Selain karena masih mendapat dukungan iOS 10, iPhone 5S juga dipersenjatai dengan spasifikasi yang masih layak digunakan di zaman sekarang ini.

Harga Jual iPhone vs Android

Jika kamu ingin menjual iPhone kamu suatu saat nanti, maka kamu tidak akan mengalami perbedaan harga jual yang terlalu jauh. Harga jual iPhone tergolong masih cukup tinggi di pasaran. Bahkan iPhone 5S saat ini masih bisa dihargai Rp 3.5 jutaan untuk harga bekas. Bandingkan harga barunya yang “hanya” 4 jutaan saja. Sangat kecil kan perbedaannya?
Hal ini sangat berbanding terbalik dengan harga jual smartphone Android yang sangat tidak tentu. Harga beli 5 jutaan, bisa saja dalam waktu beberapa bulan hanya 2 jutaan menurut harga pasaran. Hal ini tergantung dengan kondisi pasaran smartphone tersebut seperti apa. Bisa kamu lihat bahwa jelas jauh lebih menguntungkan membeli iPhone daripada smartphone Android.

Lebih Banyak Pilihan

Smartphone Android
Saat memilih seri terbaru iPhone, calon pembeli hanya akan berputar-putar pada pertimbangan tentang ukuran layar, besar memori, dan desainnya. Namun, dengan budget untuk seri iPhone terbaru, Android menawarkan banyak sekali pilihan.
Tak hanya perihal merek dan fisiknya saja, kita bisa menentukan ponsel pilihan dari aspek kameranya atau beragam fitur lain. Android memberi penawaran yang tak terbatas.

 Support SD Card

Android Micro SDSudahkah kamu tahu bahwa besar memori dari seri iPhone yang dipilih merupakan kapasitas penyimpanan maksimal dari gawai tersebut? Pengguna iPhone tidak bisa menambah ruang penyimpanan dengan bantuan SD Card, tak ada slot untuk menampungnya.
Dengan Android, kita tak perlu khawatir soal penyimpanan. Mayoritas ponsel Android menawarkan kapabilitas untuk menampung kartu memori dengan kapasitas yang mencapai 128 GB. Ini pun bisa diwujudkan tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mencapai jutaan, tak seperti bila berurusan dengan iPhone.

. Fitur Google Maps

GMAPS VS Apple MapsKita bisa memasang Google Maps ke dalam iPhone, namun kita tak bisa menjadikannya sebagai default. Artinya, pengguna iPhone harus berurusan dengan Apple Maps yang sering kali menawarkan rute yang kurang masuk akal dan detail lokasi serta lingkungan yang belum sempurna. Pada Android, Google Maps sudah terintegrasi dengan baik. Tak perlu ditanyakan lagi soal fiturnya.

 Membersihkan Cache Lebih Mudah

Membersihkan cache lebih mudah di AndroidSaat ruang penyimpanan ponsel Android penuh, kita bisa mendeteksi aplikasi mana yang memakan space paling besar. Dengan pilihan untuk menghapus cache, kita bisa segera mendapat perluasan ruang.
Pada iPhone, pilihan tersebut jarang tersedia. Pengguna harus rajin-rajin menghapus instalasi aplikasi dan memasangnya lagi untuk mengatur ruang penyimpanan.

 Kustom Tampilan Lebih Bebas

Kustom tampilan lebih bebas di AndroidSalah satu hal yang tidak bisa iPhone lakukan adalah kustomisasi pada tampilan. Di Android, kita bisa menginstal berbagai launcher yang dapat mengubah keseluruhan tampilan layar ponsel, atau bergonta-ganti tema, yang tidak terbatas pada pilihan warna saja.

 Pengaturan Aplikasi Default

Aplikasi Default di AndroidPengguna iPhone akan selalu terikat dengan Safari, Mail, dan Apple Maps kecuali jika sedang menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menawarkan pilihan. Di Android, kita bebas menentukan default app yang beragam dan yang paling baik untuk menangani berbagai macam perintah.

 Split Screen Multitasking

Di beberapa tipe ponsel Android, kita akan disuguhi fitur berupa split screen, alias izin untuk bekerja multitasking dengan menampilkan dua tampilan aplikasi sekaligus dalam satu layar. Ini bisa sangat berguna untuk orang-orang yang memang sering bekerja secara multi-task. Di iPad dukungan ini sudah bisa dinikmati, namun sejauh ini iPhone belum tersedia.

Multiple User Support

Multiple User SupportTak banyak orang mau berbagi ponsel dengan yang lain, namun ini bisa cukup berguna bagi para orangtua yang beberapa kali meminjamkan ponsel pada anak-anaknya untuk dimainkan. Dengan menambahkan akun user atau guest, kita bisa mengatur data dan aplikasi apa saja yang bisa dibuka dan ‘diacak-acak’ oleh yang lain. Berkat hal ini, kita tak perlu khawatir lagi jika meminjamkan ponsel, khususnya pada anak kecil.

Bisa Install Aplikasi Dari Mana Saja

Unknown SourceKebebasan dalam memasang aplikasi di Android bisa sangat menyenangkan. Kita bisa memilih versi mana dari sebuah aplikasi yang kita inginkan untuk dipasang, dan sumbernya bisa berasal dari mana saja yang tak terbatas dalam Google Play Store. Bahkan, kita bisa menghemat paket data dengan memasang aplikasi yang file instalasinya didapat dari orang lain lewat fitur sharing offline. Di iPhone, kita terjebak oleh App Store.

 Smart Assistant yang Lebih Baik

Smart assistantSiri memang amat bermanfaat, namun Google Now dan Google Assistant jauh lebih baik. Untuk menyalakan layar ponsel, pengguna bisa mengucapkan “OK Google” atau perintah lain tanpa menekan tombol power. Pengguna juga bebas menyebutkan perintah untuk melakukan berbagai aktivitas lewat aplikasi pihak ketiga yang diinginkan, tidak terbatas pada aplikasi bawaan Google saja.

 Tampilan Notifikasi yang Lebih Baik

Di iPhone, tumpukan notifikasi bisa sangat mengganggu dan proses pembersihannya tidaklah praktis, kecuali jika pengguna memiliki seri ponsel terbaru dengan 3D Touch. Di Android, pengguna hanya perlu melakukan swipe untuk menghilangkan notifikasi. Selain itu, beberapa perangkat juga mendukung kustom notifikasi.

 Bebas Mengunduh File Musik dan Video

Bebas download musik darimana sajaUntuk menambahkan file musik atau video ke dalam iPhone, kita harus mengunduh via komputer dan melakukan sinkronasi dengan iTunes atau membelinya lewat aplikasi yang hanya membatasi akses filenya dalam aplikasi tersebut saja. Di Android, kita bisa bebas mengunduh berkas dari mana saja dan menyimpannya dalam memori, serta bebas mengaksesnya secara online, tidak terus-terusan melakukan streaming.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "20Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Beralih dari Android ke iPhone"