Postingan Populer

Membuat Mesin Uap Sederhana dari Kaleng Soda (untuk Anak-anak)

Membuat Mesin Uap Sederhana dari Kaleng Soda (untuk Anak-anak)

  1. Gambar berjudul Make a Steam Engine Step 1
    1
    Potonglah kaleng aluminium sekitar 6,35 cm. Gunakan gunting timah atau gunting besar untuk membuat potongan horizontal yang rapi sekitar 1/3 kaleng dari dasarnya.
  2. Gambar berjudul Make a Steam Engine Step 2
    2
    Lipat dan tekan lingkar potongan dengan tang. Lipat lingkar kaleng yang sudah dipotong sedikit ke dalam agar pinggirannya tidak tajam. Hati-hati jangan sampai melukai diri Anda sendiri saat melakukannya.
  3. Gambar berjudul Make a Steam Engine Step 3
    3
    Dorong bagian dasar kaleng dari dalam untuk meratakannya. Kebanyakan kaleng soda memiliki dasar lingkaran yang melengkung ke dalam interior kalengnya. Dorong keluar lengkungan dasar kaleng dengan meratakannya menggunakan jari Anda atau dengan menggunakan dasar gelas kecil atau stoples agar halus.
  4. Gambar berjudul Make a Steam Engine Step 4
    4
    Buat dua lubang berlawanan arah di kaleng dengan jarak 1,3 cm dari bagian atasnya. Anda bisa menggunakan pelubang kertas untuk melakukannya, atau Anda bisa membuat lubang dengan paku dan palu. Anda perlu diameter lubang lebih besar dari 3,2 mm.
  5. Gambar berjudul Make a Steam Engine Step 5
    5
    Letakkan lilin tea light di tengah kaleng. Remas kertas aluminium dan tempatkan di bawah dan di sekeliling lilin untuk menahan lilin tetap di tempatnya. Lilin tea light memiliki wadah timah kecil, jadi lilinnya tidak akan mencair dan menumpahi kaleng aluminium.
  6. Gambar berjudul Make a Steam Engine Step 6
    6
    Gulung bagian tengah selang tembaga sepanjang 15,3-20,3 cm di sebuah pensil sebanyak dua sampai tiga kali untuk membuat kumparan. Selang 1/8-inci tersebut akan mudah digulung mengelilingi pensil. Anda harus menyediakan cukup selang bergelung untuk diselipkan melintasi dua lubang di bagian atas kaleng, ditambah sekitar 5,1 cm selang lurus di tiap sisinya.
  7. Gambar berjudul Make a Steam Engine Step 7
    7
    Sisipkan kedua ujung selang melalui lubang di kaleng. Atur agar gulungan berada di sumbu lilin. Usahakan panjang selang lurus yang keluar di tiap sisi kaleng sama.
  8. Gambar berjudul Make a Steam Engine Step 8
    8
    Tekuk kedua ujung selang yang keluar dengan tang untuk membuat sudut 90 derajat. Tekuk bagian selang yang lurus sehingga berlawanan arah di tiap sisi kaleng. Lalu, tekuk lagi agar keduanya menyentuh bagian dasar kaleng. Kalau sudah, harusnya bagian spiral selang ada di tengah lilin dan selang di kedua sisi kaleng menghadap arah bawah.
  9. Gambar berjudul Make a Steam Engine Step 9
    9
    Tempatkan kaleng di dalam baskom berisi air dengan kedua ujung selang tenggelam di air. “Kapal” Anda harus mengapung dengan nyaman. Jika ujung selang tidak menyentuh air, berikan sedikit pemberat jadi posisi kaleng bisa lebih rendah ke bawah air, tetapi hati-hati jangan sampai tenggelam.
  10. Gambar berjudul Make a Steam Engine Step 10
    10
    Isi selang dengan air. Cara paling mudah melakukan ini adalah, Anda bisa tempatkan satu ujung selang di air dan isap ujung yang lain sehingga memancing air mengalir melalui selang. Cara lain adalah dengan menahan satu lubang selang dengan jari, dan masukkan air dari keran ke ujung yang terbuka. 
    Untuk Bahan-Bahannya
    Baca:Membuat mesin Uap sederhana(untuk orang dewasa)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Membuat Mesin Uap Sederhana dari Kaleng Soda (untuk Anak-anak) "

Post a Comment